"BERBAGI ITU HAPPY"

10/15/2017

DASAR DASAR PENILAIAN JURI LOMBA BURUNG

AAN BUDIYANTO | 10/15/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Pentingya mengetahui dasar penilaian juri dalam lomba, akan sangat membantu anda menargetkan perawatan kepada burung anda ketika ingin diikutkan dalam lomba.

Dasar dasar penilaian dari lomba burung diIndonesia adalah sebagai berikut :

1. IRAMA / LAGU


Nilai dipoin ini biasanya memiliki nilai yang paling tinggi, karena memiliki banyak kategori didalammnya. Burung yang memiliki irama lagu yang baik, meliputi berbagai variasi suara didalamnya, seperti dibawah ini :

  • Isian

Burung dengan isian yang melimpah dengan jenis jenis suara burung kecil maupun besar. Dan isian yang bagus tentunya yang disetai tonjolan tonjolan  suara yang menarik.

  • Tempo

Ada variasi speed saat berkicau dengan dikombinasi isian yang rapat dan panjang dengan perpindahan dari suara satu ke suara yang lain yang enak didengar.

  • Birama 

Bisa diketahui dari naik turunya nada burung membawakan sebuah suara

2. VOLUME


Burung dengan suara yang keras dengan kriterianya yaitu suara yang tajam, jelas,  mengkristal dan terasa pedas.

3. GAYA / TINGKAH LAKU


Dalam penilaian dipoin gaya tentunya setiap burung memiliki ciri ciri gaya sendiri sendiri, tetapi satu hal yang sangat menentukan dalam poin gaya ini adalah permainan ngotot dari sang burung yang tentunya dibarengi dengan karakter gaya yang menjadi ciri khas dari masing masing burung tersebut. Sebagai contoh misalnya burung Anis merah dengan gayanya yang teler, burung Branjangan dengan gayanya hoovering (berbunyi sambil terbang), burung Cendet dengan gayanya yang Nagen / Nancep / main satu titik Dll masih banyak lagi.

4. DURASI


Stamina burung menentukan kriteria di poin durasi ini, kicauan yang stabil dari awal pertengahan hingga akhir penilaian menjadi penentu juri dalam memberikan nilai kepada sang burung. dan lawan kata dari burung yang staminanya kurang adalah terlihat dari sang burung yang sering ngetem atau berhenti bunyi. 

Dari 4 poin diatas masih ada poin yang tidak kalah pentingnya dalam penilaian juri yaitu

5. FISIK


Penilaian dari fisik ini bisa menjadi poin tambahan ketika dalam penilaian dari poin diatas beberapa burung memiliki nilai yang sama, maka ciri fisik yang meliputi keindahan anggota fisik tubuh, seperti kerapian bulu, kelengkapan organ tubuh dll, bisa dijadikan penentu untuk menambah nilai lebih pada burung. Dan burung yang cacat fisik ketika diikutkan dalam lomba dan terpantau oleh juri terkadang tidak diberi nilai oleh juri.

Dalam penilaian burung yang dilombakan pada dasarnya setiap juri akan menggunakan poin poin dasar diatas. Tetapi burung yang memiliki kemampuan yang sempurna seperti diatas tentunya sangat jarang didapati, karena setiap kelebihan pasti akan ada kekuranganya. Disinilah pentingnya juri sebagai pengadil lapangan dalam menilai seekor burung yang dilombakan.

Juri Lomba burung
Penilaian lomba burung
Kriteria burung yang bagus menurut dasar dasar penilaian juri lomba diatas sudah anda ketahui, selanjutnya bisa anda gunakan untuk mencari atau merawat burung anda sehingga bisa memiliki poin poin seperti diatas.

Demikian artikel tentang dasar penilaian juri dalam lomba, semoga bermanfaat.


"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment